Cara Mengatasi Bisul

Cara Mengatasi Bisul secara Tradisional
Berikut ini tulisan tentang cara mengatasi penyakit kulit bisul. Bisul itu biasanya terdapat pada tengkuk, mula-mula ditempat kelihatan merah dan bengkak, kemudian daging dibawah kulit tampak agak menjembul dan ada gumpalan nanah (punat) ditengahnya rasanya sakit dan panas. Biasanya tubuh si penderita agak demam. Cara mengatasi bisul bisa diusahakan secara alami dengan menggunakan ramuan obat tradisional.

Cara Mengatasi Bisul Secara Alami

1. Apabila belum tampak punatnya bolehlah bagian yang bengkak itu didemah dengan kain basah guna mempercepat “matangnya” bisul. Untuk maksud itu baik juga kita pergunakan salah satu diantara obat-obat ini :

a.
Bahan:
– Bawang putih 1 biji
– Deringu sebesar ibu jari
– Minyak kelapa 2 sendok makan
Cara meramu: bawang putih dan deringu ditunu, lalu ditumbuk lumat-lumat dan dicampur dengan minyak kelapa.
Pemakaian: Obat ini diulaskan pada bagian yang bengkak.

b.
Bahan:
– Daun urat 1 genggam
– Air sedikit
Cara meramu: daun urat ditumbuk lumat-lumat dan diberi air sehingga merupakan bubur lunak.
Pemakaian: Obat ini dilekatkan sebagian tapal pada bagian yang bengkak.

c.
Bahan:
– Daun bayam duri 1 genggam
– Air sedikit
Cara meramu dan cara memakai sebagaimana tersebut pada b.

d.
Bahan:
– Daun bunga pukul empat 1 genggam
– Air sedikit
Cara meramu dan cara memakai sebagaimana tersebut pada b.

e.
Bahan:
Daun muda sirsak 5 lemar
Air sedikit
Cara meramu dan cara memakai sebagaimana tersebut pada b.

2. Apabila bisul itu telah pecah dan kelihatan ada punatnya, maka punat tersebut harus ditekan keluar. Selanjutnya perlu dijaga agar bekas bisul itu tetap besih pada saatnya ia menutup dan kering.

3. Si penderita harus banyak makan sayur-sayuran (terutama air kuahnya) dan buah-buahan. Perlu juga ia tiap hari minum air rebusan daun galan, daun gagan atau daun urat.

4. Orang yang sering mendapat penyakit bisul harus mempergunakan obat ini tiap bulan sekali.

Bahan:
– Asam yang sudah disimpan lama 1 sendok makan
– Rimpang temulawak ½ potong jari
– Gula mangkuk secukupnya
– Air 1 gelas.
Cara meramu obat bisul: setelah temulawak disayat-sayat tipis, lalu kesemuanya direbus hingga airnya tinggal separoh, kemudian disaring.
Pemakaian: Air rebusan ini diminum sekali habis, lakukan demikian beberapa hari berturut-turut.

Demikian cara mengobati penyakit kulit bisul secara alami. Semoga bermanfaat, share kepada yang lain supaya memberikan banyak kemanfaatan bagi sesama.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *