Cara Mengatasi Cegukan

cara mengatasi cegukan

Tanda-tanda cegukan berupa tarikan napas menyentak-nyentak dengan tidak disengaja, tentu hal ini akan sangat mengganggu anda terutama ketika sedang dalam aktifitas penting.

Cara Mengatasi Cegukan:


Cara mengatasi cegukan atau seda bermacam-macam, cobalah salah satu diantara ini :

  1. Menelan butir-butir es, atau minum air dingin segelas, pusatkan segenap perhatian pada air minum itu pada waktu menelannya.
  2. Menahan napas seketika lamanya atau menarik lidah keluar sedikit.
  3. Minum beberapa tuguk air sambil ditutup rapat-rapat kedua liang telinga.
  4. Cepat-cepat mengunyah dan menelan beberapa potong gula mangkok yang telah dicelupkan dalam cairan cuka.
  5. Pinggang si penderita dipegang dengan kedua belah tangan dan kedua ibu jari si pemegang dilekatkan tepat dibawah rusuk, kemudahan kedua belah rusuk itu direnggangkan keluar.
  6. Apabila sedu itu tiada hendak lekas berhenti atau senantiasa dating berulang-ulang, sebaiknya si penderita diberi obat pencahar untuk membersihkan perutnya.

Dapat juga menggunakan cara berikut untuk mengatasi cegukan (sumber wikipedia):

Untuk menghentikan kecegukan bisa dilakukan tindakan berikut:

  1. Menahan napas, karena dengan menahan napas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.
  2. Bernapas di dalam kantong kertas.
  3. Minum segelas air dingin dengan perlahan sedikit demi sedikit.
  4. Mengunyah roti kering atau es batu yang diserut.
  5. Menarik lidah dengan tangan.
  6. Menggosok bola mata secara perlahan.
  7. Membalik posisi tubuh dengan meletakan kepala dibawah kaki diatas.
  8. Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut.
  9. Menelan gula pasir kering di satu sendok teh.
  10. Mandi dan keramas dengan air yang diberi es batu.
  11. Berenang di air dingin dengan suhu 20-25 derajat minimal 20 menit.
  12. Bernafas dengan tenang

Bila cegukan tak mau hilang tetapi sudah melakukan praktik di atas, segera bawa ke dokter terdekat dan terpercaya.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

obat cegukan tradisional, obat cegukan, obat cegukan alami, obat cegu, obat tradisional cegukan, obat herbal cegukan, apa obat cegukan tradisional, obat alami cegukan, obat cekukan, obat ceguken

2 thoughts on “Cara Mengatasi Cegukan

Comments are closed.