Cara Menghilangkan Ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Ketombe merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang bisa dibilang menyebalkan. Ketombe biasa disebut sindap dan kelemumur terutama di negeri seberang Malaysia. Nama ilmiahnya adalah Pityriasis capitis. Ketombe adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Berikut ini akan diulas tentang penyebab ketombe dan cara menghilangkan ketombe membandel secara alami.

Penyebab Ketombe

Ada beberapa yang menjadi sebab – sebab timbulnya ketombe di kulit rambut kepala seseorang. Sebab-sebab itu antara lain :

  1. Jenis kulit kepala tergolong sangat berminyak (berminyak berlebihan). Jenis kulit kepala yang berminyak secara berlebihan akan memicu tumbuhnya jamur di kepala, sehingga akan mendorong proses pengelupasan kulit kepala secara berlebih.
  2. Jenis kulit kepala tergolong sangat kering. Jenis kulit kepala yang tergolong sangat kering juga berpotensi besar menyebabkan terjadinya pengelupasan kulit kepala.
  3. Mengalami tekanan mental (mempunyai banyak masalah)
  4. Penggunaan samphoo yang kurang sesuai dengan kondisi atau jenis kulit kepala.
  5. Sangat jarang membersihkan rambut (keramas)
  6. Rambut kepala kurang mendapatkan nutrisi penting bagi kesehatan rambut (kekurangan mineral zinc)
  7. Penggunaan perwarna rambut yang kurang sesuai dengan kondisi kulit kepala sehingga mengakibatkan peradangan kulit (dermatitis)

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ramuan 1

Bahan:
buah nanas matang seperempat
jeruk nipis satu buah.

Cara meramu: buah nanas dikupas, lalu buah nanas dicuci bersih. Setelah itu, buah nanas diparut. Kemudian parutan nanas diperas dan saring. Masukkan air perasan jeruk nipis kedalam air perasan nanas. Diaduk hingga merata.

Pemakaian: dioleskan pada bagian kulit kepala yang berketombe. Kerjakan seminggu 2-3 kali. Sebaiknya dikerjakan pada malam hari menjelang tidur dan pada esok harinya rambut dibersihkan atau keramas.

Ramuan 2

Bahan:
jeruk nipis satu buah

Pemakaian: Cara menggunakan yaitu jeruk nipis diiris lalu ambil airnya dengan cara diperas. Gosokkan air perasan jeruk nipis tersebut pada bagian rambut serta kulit kepala yang berketombe. Diamkan dalam waktu 20-30 menit. Setelah itu, rambut dibersihkan atau keramas. Untuk perawatan kerjakan dua sampai tiga kali.

Ramuan 3

Bahan:
buah lemon dua biji

Pemakaian: Cara menggunakannya yaitu buah lemon diiris lalu diperas untuk diambil airnya. Air perasan buah lemon diusapkan pada bagian kulit kepala yang berketombe. Biarkan dalam waktu 20 menit. Setelah itu, rambut dibersihkan atau keramas seperti biasa.

Ramuan 4

Bahan:
minyak zaitun secukupnya dan kunyit dua rimpang

Cara meramu: Cara membuatnya yaitu kunyit diparut. Lalu tambahkan minyak zaitun panas kedalam parutan kunyit. Aduk sampai merata. Oleskan pada bagian kulit kepala yang berketombe ( kulit kepala sudah dibasahi). Diamkan hingga beberapa menit. Setelah itu, rambut dibersihkan atau keramas seperti biasa menggunakan sampo.

Ramuan 5

Bahan:
air kelapa satu setengah gelas, nanas seperempat buah, jeruk nipis satu buah dan buah kelapa tua setengah butir.

Cara meramu: nanas serta buah kelapa diparut untuk diambil airnya. Campurkan air kelapa dan perasan jeruk nipis ke dalam campuran air nanas dan kelapa. Diaduk sampai merata.

Pemakaian: usapkan pada bagian rambut serta kulit kepala yang berketombe. Diamkan dalam waktu lima belas menit. Kemudian rambut dibersihkan atau keramas seperti biasa. Kerjakan satu kali dalam seminggu.

Ramuan 6

Bahan:
buah apel yang sudah dilumatkan sebanyak dua sendok makan
air hangat dua sendok makan.

Cara membuatnya yaitu masukkan air hangat kedalam buah apel, aduk hingga merata.

Pemakaian: usapkan campuran tersebut pada bagian kulit kepala yang berketombe sambil dipijit. Biarkan selama lima belas menit. Setelah itu, rambut dibersihkan atau keramas seperti biasa. Demikian beberapa cara tradisional alami (herbal) untuk mengatasi (menghilangkan) ketombe membandel, semoga bermanfaat.

Ramuan 7

Bahan:
Daun galling 12 lembar
Buah nanas muda 1 biji
Air ½ cangkir

Cara meramu: buah nanas dikukus, diparut, diberi air dan diperas, daun galling ditumbuk lumat-lumat dan dicampur dengan air perasan nenas sesudah itu dibiarkan beberapa jam kemudian disaring.

Pemakaian Air saringan itu dipergunakan untuk mencuci kulit kepala demikian itu tiap-tiap petang sehabis mandi beberapa hari berturut-turut.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam

Untuk membersihkan kulit kepala anda secara alami, anda bisa menggunakan garam karena mengandung kristal abrasif yang akan bekerja baik sebagai exfoliator alami.

  • Basahi rambut anda sedikit lalu basuhkan garam ke kulit kepala
  • Pijat dengan lembut dan biarkan selama kurang lebih 5 menitan
  • Silakan basuh kepala anda dengan air sampai bersih.

Demikian cara menghilangkan ketombe secara alami, semoga bermanfaat



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *