Cara Mengurangi Kegemukan Badan

Cara Mengurangi Kegemukan Secara Alami

Setiap orang tentu menginginkan agar badannya tetap sehat dan gemuk. Tetapi adakalanya kita dapati orang yang sedemikian gemuknya sehingga menjadi gangguan bagi kesehatan badannya dan bagi kebahagiaan hidupnya. Biasanya orang yang terlalu gemuk itu amat mudah dihinggapi penyakit kencing manis, sakit ginjal, pirai, pitam dan lain-lain. Nah berikut ini adalah cara alami mengurangi kegemukan badan.

Cara Mengurangi Kegemukan Badan Secara Alami

  1. Orang yang badannya terlalu gemuk tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat tepung atau lemak. Minumannya harus pula dikurangi, sedapat mungkin jangan melebihi ½ liter (segelas)sehari.
  2. Disamping itu boleh makan ramuan obat ini:
  • Rimpang bengkle sebesar kelingking
  • Daun jati belanda 7 lembar
  • Air 1 ½ gelas

Cara meramu: kesemuanya direbus hingga airnya tinggal sepertiga.

Pemakaian: Air rebusan itu diminum sekali habis diwaktu pagi sebelum makan. Perbuatlah demikian setiap hari selama ± sebulan. Selama mempergunakan obat ini harus rajin melakukan gerak badan pada pagi hari (senam, jalan-jalan, mencangkul dsb).

  1. Atau gunakan ramuan obat kegemukan ini:
  • Rimpang temu giring ½ panjang jari
  • Daun kemuning 1 genggam
  • Daun mengkudu 1 genggam
  • Air 1 gelas

Cara meramu: ketiga macam bahan tersebut dahulu ditumbuk lumat-lumat, diberi air dan diperas dengan sepotong kain bersih.

Pemakaian: Air perasan tersebut diminum 2 kali habis dalam sehari, yakni diwaktu pagi dan petang. Pengobatan ini harus dijalankan setiap hari sampai badannya menyusut sebagaimana yang diinginkan. Disamping itu juga perlu melakukan gerak badan setiap hari.

PERHATIAN..!!!
Ramuan obat yang tersebut diatas tidak boleh digunakan bagi orang yang menderita penyakit batuk kering dan bagi orang yang telah lanjut usia (diatas 60 tahun).



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *