Mengatasi Gugup dan Risau

Mengatasi Gugup dan Risau

Berikut ini merupakan langkah-langkah mengatasi gugup dan risau yang seringkali mengganggu aktivitas manusia. Kebanyakan orang apabila selalu dihinggapi rasa terburu-buru dalam pekerjaannya, atau acapkali terganggu oleh rasa keragu-raguan dan ketegangan, mudah sekali menjadi gugup dan risau. Keadaan demikian itu dapat lambat laun merusak kesehatan jasmaninya dan melemahkan semangat kerjanya.

Cara Mengatasi Gugup dan Risau:

  1. Untuk sementara si penderita perlu mengistirahatkan dirinya dan menghentikan segala pekerjaan yang banyak mempergunakan pikiran.
  2. Seluruh badannya hendaklah diseka dengan air rendaman daun sangket atau daun leng-lengan, segenggam daun itu diremas-remas dalam segelas air sampai memar.
  3. Si penderita harus banyak makan sayur daun gelang, sayur itu tidak boleh direbus tetapi dimasak dengan sedikit air dalam sebuah wajan yang diberi tutup. Sebelum gelang itu dimasak hendaklah buah-buahnya yang berisi biji-biji dibuang terlebih dahulu.
    Sebagai minuman sehari-hari harus dipakai air rebusan daun gagan.
  4. Boleh juga si penderita dibuatkan salah satu diantara obat-obat ini :

Bahan:
– Rimpang dringu sepanjang jari
– Air 1 cangkir
Cara meramu: Deringu ditumbuk lumat-lumat, dimasukkan dalam air lalu disaring.
Pemakaian: Air saringan itu diminum sekali habis.

Bahan
– Rimpang bengle ½ panjang jari
– Air 1 cangkir
Cara meramu: Bengle diparut diberi air dan diperas.
Pemakaian: Air perasan itu diminum sekali habis.

Demikian semoga langkah mengatasi gugup dan risau ini bermanfaat. Silakan share tulisan ini sekiranya bisa memberikan manfaat bagi orang lain.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

obat gugup

2 thoughts on “Mengatasi Gugup dan Risau

Comments are closed.