Mengatasi Lemah Saraf

Cara Mengatasi Lemah Saraf

Tanda-tanda lemah saraf berupa badan terlampau cepat penat dan lemah, malas berpikir dan mudah lupa. Si penderita acapkali pening kepala dan malam tidak dapat tidur, apabila agak lama ia membaca atau menulis pemandangannya menjadi kabur, tiap-tiap kali sesudah ia makan, perut berasa tidak sedap. Jantung berdebar keras, si penderita mudah sekali gugup dan risau, senantiasa bermurung hati dan sering termenung.

Cara Mengatasi Lemah Saraf:

  1. Si penderita hendaknya beristirahat, tiap pagi dia harus berjalan-jalan menghirup udara segar dan melihat-lihat pemandangan alam yang indah (gunung-gunung, sawah-sawah, kebun pantai, juga harus giat bersenam atau berolah raga).
  2. Makanan hendaklah yang lunak dan mudah dicerna, daging dan kopi harus dikurangi, demikian pula yang serba pedas dan merangsang. Sebaliknya orang perlu makan sayur-sayuran yang mengandung zat besi seperti : bayam, kangkung, daun ubi kayu dan sebagainya.
  3. Seluruh punggung disepanjang tulang belakang hendaklah didemah dengan kompres panas dan sejuk berganti-ganti. Baik pula apabila diwaktu mandi seluruh punggung itu digosok dengan handuk kasar.
  4. Janganlah terlampau memikirkan kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan hati. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang membawa sesusahan itu tidak dilenyapkan dengan bermurung hari saja, tetapi hanya dengan jalan beriktiar dan bekerja.
  5. Selanjutnya dapat dilakukan pengobatan sebagaimana yang diterangkan mengenai usaha untuk menyembuhkan “gugup dan risau”.

Demikian tulisan tentang mengatasi lemah saraf, silakan share kepada orang lain sekiranya memberikan manfaat kepada banyak pembaca.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

lemah syaraf, lemah saraf, obat lemah syaraf, saraf lemah, cara mengobati penyakit saraf, Penyakit lemah syaraf, syaraf lemah, Obat lemah saraf, cara cepat mengobati sekalor, obat syaraf lemah

One thought on “Mengatasi Lemah Saraf

Comments are closed.