Mengatasi Penyakit Radang Usus

cara mengatasi penyakit radang usus
Tanda-tanda Penyakit Radang Usus:

Rasa sakit mulas pada perut bagian bawah, acap kali buang air besar beraknya cair dan berlendir (mencret). Setelah si sakit banyak mengeluarkan kotoran/berak badannya terasa letih. Adakalanya ia muntah-muntah dan merasa ada tekanan berat dalam lambung.

Mengatasi Penyakit Radang Usus secara Tradisional:

  1. Si sakit harus beristirahat dengan berbaring. Kakinya hendaklah dipanaskan, misalnya dengan botol dengan berisi air hangat. Perut dikompres dengan air lembab dan kemudian ditutup dengan kain kering. Seluruh badan hendaklah dibalut dengan selimut.
  2. Apabila kotoran cair sekali dan agak berbuih, hendaklah si sakit diberi obat pencahar, yang baik ialah kastroli (bagi orang dewasa 2-3 sendok makan). Janganlah diberi makan apapun juga sebelum mencretnya, boleh ia minum teh yang tidak terlalu keras/pekat.
  3. Jika dengan iktiar No. 1 dan 2 belum berhenti mencretnya buatlah obat sebagai berikut :

Bahan:
– Rimpang lempuyang pahit ½ jari
– Rimpang lempuyang pahit (dibembam ½ panjang jari)
– Biji adas 7 biji
– Kayu pulasari ¼ potong jari
– Kayu ules sedikit
– Bawang merah 1 bungkal
– Biji kedawung (sesudah dibakar) 1 biji
– Buah gelam (kering) 2 buah

Cara meramu:
Semua bahan ditumbuk lumat-lumat, diberi air secangkir,kemudian diperas.

Cara pemakaian:
Air perasan ini diminum sekali habis (ulangilah demikian 2 kali sehari).

  1. Apabila berak berwarna kehitam-hitaman maka obat tersebut No. 3 ini dapat diganti dengan:

Bahan
– Rimpang kunyit (dibebam) ½ panjang jari
– Asam yang sudah lama 1 sendok teh
– Kemenyan putih 1 sebesar biji kapri
– Garam ½ sendok teh
– Air 2 sendok makan

Cara meramu obat:
Keempat macam bahan tersebut dilumatkan, diberi air dan diperas.

Cara memakai obat:
Air perasan ini diminum sekali habis. Ulangilah demikian 2 kali sehari.

  1. Dilarang makan buah-huahan mentah, makanan yang berempah-rempah amat masam atau terlampau manis. Dilarang minum susu, kopi atau minuman keras. Sebelum sembuh benar hendaknya si penderita selalu memakan makanan yang lunak saja.
  2. Apabila mencret itu hanya karena “kena dingin” saja (selesma), maka tidak usah pakai obat pencahar. Buatlah obat ini :

Bahan:
– Daun jambu klutuk 10 lembar
– Arang kayu jati ½ potong jari
– Air 1 gelas

Cara meramu:
Semua bahan direbus hingga airnya tinggal ½ gelas.

Cara memakai:
Air rebusan ini diminum sekali habis. Ulangilah demikian 2 kali sehari.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

obat tradisional radang usus, obat alami radang usus, obat radang usus, obat herbal radang usus, cara mengobati radang usus, obat herbal radang usus dan lambung, obat tradisional radang usus besar, obat radang usus dan lambung, tanaman obat radang usus, cara mengobati radang usus secara alami

2 thoughts on “Mengatasi Penyakit Radang Usus

  1. Angraini

    Makasih tipsnya mbak memang kalo tertimpa penyakit usus harus segera ditangani

Comments are closed.