Mengatasi Radang Selaput Perut

Cara Mengatasi Radang Selaput Perut
Radang selaput perut disebut juga dengan peritonitis, yaitu peradangan yang biasanya disebabkan oleh infeksi pada selaput rongga perut (peritoneum). Peradangan ini merupakan komplikasi berbahaya yang sering terjadi akibat penyebaran infeksi dari organ-organ abdomen (misalnya apendisitis, salpingitis, perforasi ulkus gastroduodenal), ruptura saluran cerna, komplikasi pascaoperasi, iritasi kimiawi, atau dari luka tembus abdomen.

Pada keadaan normal, peritoneum resisten terhadap infeksi bakteri secara inokulasi kecil-kecilan. Kontaminasi yang terus menerus, bakteri yang virulen, penurunan resistensi, dan adanya benda asing atau enzim pencernaan aktif merupakan faktor-faktor yang memudahkan terjadinya peritonitis.

Tanda-tanda Radang Selaput Perut :

Rasa sakit bagian disayat-sayat pada perut, muntah-muntah dan sedu (ceguk) wajah muka si sakit kelihatan lesu dan membayangkan rasa ketakutan, kaki dan tangannta dingin, denyut nadinya bertambah cepat, nafasnya pendek-pendek dan dangkal. Otot-otot didinding perut tegang, keluarnya sedikit sekali. Si sakit demam dan merasa sangat dahaga.

Pengobatan Radang Selaput Perut:

  1. Penderita harus berbaring dengan tenang di tempat tidur, pada bagian perut yang sakit diletakkan pundi-pundi berisi air es. Jangan sekali-kali diberi kompres hangat pada perutnya dan jangan diberi obat pencahar.
  2. Penderita tidak boleh diberi makanan apapun juga, supaya alat pencernakannya dapat mengaso untuk sementara waktu. Buat menahan muntahnya boleh ia disuruh menelan butir-butir es.
  3. Sementara itu harus selekas mungkin dimintakan pertolongan dokter.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

radang selaput perut, obat radang selaput perut, penyebab radang selaput perut, ciri ciri radang selaput perut

2 thoughts on “Mengatasi Radang Selaput Perut

  1. Titaka Kato

    Met siang,,,saya mau tnya nich,,,,,,,,,,,klaw perut membuncit dan bagian atas ny mengeras,,,,klaw di tekan terasa sakit kira kira kenapa y.???

Comments are closed.