Mengatasi Sakit Kepala / Pusing / Pening

Cara Mengatasi Sakit Kepala Pusing Pening
Berikut ini merupakan ramuan obat tradisional untuk mengatasi sakit kepala, pusing atau pening. Perasaan dalam kepala yang dialami si penderita kebanyakan tidak sama, kadang-kadang terasa sakit menyentak-nyentak, kadang-kadang terasa sebagian tekanan yang berat, adakalanya hanya terasa pusing di kepala.

Cara Mengatasi Sakit Kepala

  1. Pengobatan terhadap tiap-tiap macam pening kepala itupun harus berlainan pula, dengan mengingat akan sebab-sebab yang menimbulkan gangguan tersebut. Sudah tentu dalam hal ini penyakit yang menjadi sebab pertama itulah yang harus diobati hingga sembuh. Disamping itu orang harus menghentikan kebiasaan merokok dan meminum minuman keras.
  2. Sakit kepala yang disebabkan oleh fikiran kacau atau perasaan tegang dapat disembuhkan secara demikian :

– Daun leng-lengan : 1 genggam
– Garam : sedikit
– Air : 1 gelas

Cara meramu obat : Daun leng-lengan diremas-remas dalam air sampai memar kemudian dibiarkan terendam dalam air itu beberapa jam lamanya.

Penggunaan: Air rendaman itu dipergunakan untuk mengkompres kepala si penderita sakit kepala. Jika sakitnya berat, hendaklah si penderita tidur dengan memakai bantal yang diisi dengan daun sangket kering bercampur daun lampes.

Berilah si penderita obat ini :

– Daun kangkun : 1 genggam
– Garam : sedikit
– Air : 1 cangkir

Cara meramu : Daun kangkung ditumbuk lumat-lumat, diberi garam, dan air, lalu diperas dengan sepotong kain bersih.

  1. Apabila orang menderita pening kepala karena selesma, sebaiknya ia mengambil sebuah jeruk keatas dan mencotok-cotok kulit jeruk itu dengan garpu (jangan terlampau dalam sehingga mengenai buah). Kemudian jeruk itu diguling-gulingkan sambil ditekankan kuat-kuat di sepanjang tengkuknya, demikian pula di lehernya sebelah kiri dan kanan. Boleh juga ia dibuatkan obat ini :

– Daun ganda rusa : 3 genggam
– Merica : 3 butir
– Cuka : 2 sendok teh

Cara meracik obat: Daun ganda rusa dan merica ditumbuk lumat-lumat dan dibubuhi cuka).

Pemakaian: Obat ini dilekatkan merata di atas kepala si penderita, kemudian ditutup dengan sepotong kain bersih.

Demikian cara mengatasi sakit kepala / pusing / pening secara alami, semoga bermanfaat.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

obat syaraf otak, obat herbal syaraf otak, kepala pening, obat pening, pening, ramuan tradisional untuk saraf, mengatasi pening, obat herbal untuk syaraf kepala