Mengatasi Sekalor (Sakit Kepala Sebelah)

Cara Mengatasi sekalor sakit kepala sebelah

Tanda-tanda sekalor berupa sakit kepala hanya pada sebelah kiri atau kanan, acapkali disertai rasa mual. Adakalanya si penderita muntah-muntah. Kadang-kadang kepala kelihatan agak kemerah-merahan dan jika diraba terasa panas. Si penderita tak begitu tahan melihat cahaya terang atau mendengar bunyi keras. Serangan sekalor itu biasanya sampai beberapa jam lamanya dan senantiasa datang berulang-ulang.

Cara Mengatasi Sekalor:

  1. Dikala orang merasa sekalor sebaiknya segera berbaring ditempat yang agak gelap dan menenangkan pikiran. Berilah ia minum kopi hitam yang pekak atau disuruh ia menelan 2 butir pil kinine. Kepalanya boleh diikat erat-erat dengan sapu tangan atau diberi dengan kompres dingin.
  2. Guna mengurangi kemungkinan terulangnya serangan-serangan baiknya si penderita menjaga baik-baik perihal makan dan minumnya. Makanan yang banyak mengandung zat tepung (nasi, ubi dsb). Sedapat mungkin dikurangi, sebaiknya orang harus lebih banyak makan sayur-sayuran, terutama kangkung, bayam, daun ubi kayu, jagung muda atau nangka muda. Minuman keras harus dijauhi benar-benar, terlalu banyak merokok juga tidak boleh.
  3. Ada baiknya juga jika si penderita untuk sementara bertempat tinggal di pegunungan atau dekat dengan laut. Biasakan pula minum air rebusan daun gagan tiap hari.

Semoga tulisan tentang cara mengatasi sekalor ini bermanfaat.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

sekalor, penyakit sekalor, obat syaraf kepala, obat sekalor, sekalor mata, obat herbal untuk syaraf, sakit sekalor, cara menghilangkan sekalor, sekalor adalah, obat penyakit syaraf