Mengobati Abses Hati

Cara Mengobati Penyakit Abses Hati

Menurut dunia kedokteran, abses hati adalah bentuk infeksi pada hati yang disebabkan karena infeksi bakteri, parasit, jamur maupun nekbrosis steril yang bersumber dari sistem gastrointestinal yang ditandai dengan adanya proses supurasi dengan pembentukan pus di dalam parenkim hati.

Tanda penyakit ini yaitu si penderita hanya demam saja seperti terserang malaria, tetapi seringkali juga merasa sakit di perut bagian kanan agak sebelah atas pusar adakalanya rasa sakit ini memancar sampai di bahu kanan. Badan lemah dan nafsu makan tidak ada. Kadang-kadang hati (bagian kanan perut) terasa bengkak si penderita muntah-muntah dan adakalanya buang air besar terus menerus. Acapkali timbul juga penyakit kuning.

Cara Mengobati Abses Hati secara Alami

Harus segera mungkin diusahakan pertolongan dokter. Apabila pertolongan dokter itu sesuatu hal benar-benar tidak dapat diperoleh, bisa diiktiarkan ramuan obat tradisional sebagai berikut :

  1. Si penderita harus beristirahat dengan berbaring di tempat tidur.
  2. Buatkan salah satu diantara ramuan obat asbes hati tersebut dibawah ini :

Ramuan 1

Bahan:
– Rimpang temulawak (yang tua sekali) 1½ pucuk jari kaki
– Daun urat 2 gengam
– Air 2 sendok makan
Cara meramu: Temu lawak dibakar lalu dikupas, diperas dicampurkan dengan air dan diperas, daun urat ditumbuk lumat-lumat dan diperas, air perasan kedua macam bahan ini dicampur).
Pemakaian: Obat ini diminum sekali sehabis si sakit makan apa-apa lakukan demikian tiap pagi dan petang.

Ramuan 2

Bahan:
Buah mengkudu (yang sudah masak) 2-3 buah
Buah mengkudu ditumbuk lembut-lembut dan diperas, air perasan itu diminum sekali habis, lakukan demikan 2 kali sehari.

Jika panas badan tinggi, buatlah salah satu diantara obat-obat ini:
– Daun gagan (baru) 1 genggam
– Air 2 gelas
Daun gagan direbus dengan air 2 gelas hingga airnya tinggal separoh, air rebusan ini diminum sekali sehabis makan, lakukan demikian 3 kali dalam sehari.

Ramuan 3

Bahan:
– Bunga kenanga (masih kuning) 2 sendok makan
– Air 2 cangkir

Cara meramunya adalah, bunga kenanga perlahan-lahan dipanaskan diatas bara arang-kau jangan sampai mendidih. Air rebusan itu diminum 2 kali habis sehari (pagi dan petang).

  1. Jika hari terasa bengkak, ulaslah perut bagian kanan dengan obat ini:

Bahan:
– Kulit kayu mengkudu secukupnya
– Cuka 1 sendok teh

Cara meramu: kulit kayu mengkudu ditumbuk lumat-lumat dan dicampur dengan cuka.

  1. Perihal makanan harus dijaga benar-benar si penderita tidak boleh makan telur, kobis, brambang, lemak atau daging berlemak, kacang tanah dan buah-buahan yang sepet. Dilarang pula minum kopi, coklat, susu, dan teh keras.

Ia harus banyak makan buah-buahan yang serba lunak antara lain Pepaya, tomat (kulit dan bijinya dibuang) dan sebagainya. Untuk minuman sehari-hari berilah ia air seduhan daun bidara laut atau daun sembung.

Semoga bermanfaat



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

cara mengobati kurap dengan ketapang

2 thoughts on “Mengobati Abses Hati

  1. Zainal Abidin

    Makanan yg dianjurkan utk pasien yg baru sembuh dari abses hepar.trm ksh.

  2. riska

    kebetulan sekali ayah saya sedang menderita abses hepar , trima kasih saya akan mencoba nya.
    kira kira penyembuhan nya brapa lama ya ?

Comments are closed.