Mengobati Selesma / Pilek

Cara Mengobati Selesma atau Pilek secara Alami

Mengobati Selesma / Pilek gampang-gampang susah, apalagi kalau yang terkena penyakit ini adalah bayi atau anak-anak. Tanda-tanda sakit selesma yaitu sukar bernafas karena hidung seakan-akan tersumbat, dari hidung keluar air berlendir dan ingus, si penderita kerap sekali bersin, kerongkongan terasa kering. Kadang-kadang badan agak demam dan kepala pening.

Cara Mengobati Selesma secara Alami:

  1. Perlu sekali diusahakan agar supaya badan si penderita dapat mengeluarkan peluh banyak-banyak dengan mempergunakan salah satu diantara ramuan obat seperti dibawah ini:

Ramuan 1

Bahan:

  • Rimpang jahe ½ potong jari kaki
  • Batang serai sepotong jari kaki
  • Buah pais ¼ buah
  • Kulit kayu keningar ¼ potong jari kaki
  • Buah cabai 2 buah
  • Daun jeruk purut 3 lembar
  • Biji kemungkus 5 biji
  • Gula enau 1 sendok makan
  • Air 2 botol

Cara meramu: 8 macam bahan-bahan tersebut ditumbuk dan direbus dalam air hingga mendidih, kemudian disaring. Air rebusan itu diminum 3 kali habis sewaktu masih agak panas denagn selang 1 jam.

Ramuan 2

Bahan:

  • Daun sengitan 1 genggam
  • Air ½ botol limun

Cara meramu: air direbus hingga mendidih lalu diseduhkan pada daun sengitan. Air seduhan ini diminum hangat-hangat.

  1. Rendamlah kaki si sakit kira-kira sejam dalam air hangat yang telah dibubuhi garam. Apabila air remdaman itu sudah mulai dingin harus segera diganti dengan air yang hangat.
  1. Menghirupkan bau minyak kayu putih atau minyak terpentinpun baik juga untuk meringanka penderitaan sakit selesma.

Semoga resep ramuan obat alami untuk mengobati selesma / pilek ini bermanfaat.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

Obat selesma, obat salesma, obat selesma tradisional, obat sekalor bersin bersin