Mengobati Tukak Lambung

Cara Mengobati Tukak Lambung secara Alami

Luka atau tukak lambung merupakan penyakit berupa adanya luka pada lambung dikarenakan terjadi iritasi atau peradangan, biasanya menyebabkan sakit mulas, dan perih pada perut. Penyakit ini tentunya sangat mengganggu aktifitas harian anda.

Tanda-Tanda Tukak Lambung:

Mula-mula perut terasa sakit apabila dipijat, tal lama kemudian timbul rasa mulas dan sakit memilin-milin pada waktu 1-3 jam sehabis makan. Seringkali si penderita memuntahkan kotoran yang masam rasanya bahkan kadang-kadang juga muntahkan darah berwarna merah tua dan apabila buang air besar mengeluarkan kotoran hitam menyerupai ter.

Cara Mengobati Tukak Lambung secara Alami

  1. Apabila penyakitnya belum parah, gunakan ramuan obat seperti dibawah ini :
  • Daun pencasuda :  2 genggam
  • Air  : 2 gelas

Cara meramu: Daun pencasuda direbus hingga airnya tinggal separoh
Cara memakai: Air rebusan ini diminum tiap-tiap jam sekali 5 sendok makan.

  1. Si sakit harus beristirahat sambil berbaring selama sedikitnya 3 minggu, pada perutnya diberi kompres panas yang ditutup rapat-rapat dengan kain tebal dan kering.
  2. Makanan hendaknya yang cair (misalnya: bubur aurerut, bubur agar-agar dan sebagainya) dan tidak mengandung rempah-rempah yang merangsang. Dilarang keras makan daging yang berlemak dan kobis, dilarang pula minum kopi dan minuman keras.
  3. Jika penyakitnya agak berat (muntah darah, berak hitam dsb) harus lekas-lekas diminta pertolongan dokter. Sementara si penderita boleh disuruh menelan butir-butir es sebesar biji kacang tahan, perutnya sebelah atas diberi kompres es atau tapal dari daun dadap sarap yang telah ditumbuk lumat-lumat.

Demikian obat tradisional untuk mengatasi tukak lambung, semoga bermanfaat.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

ramuan obat luka lambung, obat alami tukak lambung, obat tukak lambung, tukak lambung, obat tradisional tukak lambung, obat luka lambung, obat lambung luka, obat luka lambung tradisional, obat herbal tukak lambung, obat tradisional luka lambung

One thought on “Mengobati Tukak Lambung

Comments are closed.