Obat Mimisan / Hidung Berdarah

Omat Mimisan Hidung Berdarah Alami

Tanda-tanda mimisan:

Hidung berdarah atau mimisan adalah satu keadaan pendarahan dari hidung yang keluar melalui lubang hidung. Hal ini dapat disebabkan beberapa hal seperti terkena/berbenturan dengan benda keras, penyakit panas dalam, demam berdarah dan sebagainya.

Pengobatan Mimisan secara Alami:

  1. Dudukkan penderita mimisan, agar hidung lebih tinggi dari jantung. Jangan suruh tidur telentang sebab aliran darah ke hidung bertambah deras dan darah dapat tertelan ke belakang.
  2. Bungkukkan badannya ke depan sedikit, lalu beri instruksi agar bernafas dari mulut.
  3. Tiga lembar daun sirih ditumbuk hingga lumat dan dimasukkan kedalam kedua lubang hidung. Atau setelah daun sirih itu ditumbuk diberi air dan diperas, Kemudian airnya dihirup perlahan-lahan melalui lubang hidung.
  4. Acapkali mengalirnya darah dapat dihentikan dengan memijat bagian yang lunak, tepat dibawah tulang hidung sebelah muka. Taruhlah juga kain penyeka yang dibasahi air es diatas si penderita.
  5. Jangan sekali-kali mencoba mengeluarkan darah itu dengan cara mengembuskan kuat-kuat dari lubang hidung.
  6. Anak-anak yang sering mengeluarkan darah dari hidung supaya diberi minuman air seduhan daun gagan tiap hari.

Demikian obat mimisan alami, semoga bermanfaat.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

obat mimisan tradisional, obat alami mimisan, obat mimisan, obat herbal mimisan, obat mimisan alami, obat tradisional untuk mimisan, obat herbal untuk mimisan, obat mimisan herbal