Pengobatan Birsam / Radang Selaput Dada

Radang Selaput Dada Pleurisy Pleuritis

Penyakit birsam atau radang selaput dada atau radang selaput paru atau juga disebut Pleurisy / Pleuritis merupakan peradangan pada lapisan jaringan tipis di sekitar paru-paru. Lapisan tipis, dikenal sebagai pleura yang letaknya di sekitar paru-paru. Pleura berfungsi melancarkan gerakan antara dinding dada dan paru-paru untuk bernapas. Pleura menjadi kasar dan kaku ketika meradang. Karena paru-paru mengembang, peradangan ini membuat pernapasan menyakitkan.

Tanda-tanda: Mula-mula terasa sakit mencotok-cotok didada bagian muka atau sisi, si penderita senantiasa merasa hendak batuk dan nafasnya sesak. Kadang-kadang tanda-tanda itu diatas tidak ada, si penderita hanya merasa agak letih, tak ada selera makan, badannya demam. Sesaat kemudian terasa agak sejuk pada dinding dada, seperti ada air didalamnya.

Pengobatan Radang Selaput Dada Secara Alami:

  1. Si penderita perlu istirahat dengan berbaring beberapa hari lamanya, Janganlah agar ia tidak kena angin sejuk. Kompres seluruh dadanya dengan kain yang telah dicelupkan dalam air panas dan diperas, tutuplah kemudian seluruhnya dengan handuk yang tebal dan kering.
  2. Rasa sakit dan sejuk dalam dada dapat juga dikurangkan dengan jalan membalut erat-erat dada si penderita dengan gurita. Berilah si sakit minum air jeruk nipis yang masih hangat agar panas dan sesudah itu suruhlah ia berselimut rapat-rapat supaya keluar peluhnya.
  3. Harus pula diusahakan agar si penderita dapat buang air kecil banyak-banyak, untuk itu ia harus makan lobak, sawi, sayur jagung muda atau diberi minum obat ini :

– Kulit batang pepaya 100 gram
– Air ½ cangkir

Cara meramu: Kulit batang itu ditumbuk lumat-lumat, diberi air dan diperas.
Pemakaian: Air perasan itu diminum sekali habis. Apabila si penderita sulit buang air besar maka ia harus diberi obat pencahar.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

One thought on “Pengobatan Birsam / Radang Selaput Dada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *