Pengobatan Penyakit Encok Dalam Daging / Otot

Cara Pengobatan Penyakit Encok

Encok dalam daging ini mempunyai tanda-tanda berupa rasa kai dan sakit dalam daging, kebanyakan pada leher dan tengkuk, dibelakang bahu, pada dada dibagian kanan dan kiri atau pada punggung dibagian bawah. Kadang-kadang bagian itu agak bengkak dan sukar digerakkan.

Cara Pengobatan Penyakit Encok

  1. Usahakanlah agar si sakit dapat mengeluarkan peluh banyak-banyak untuk itu berilah minum ramuan obat ini :

– Daun sengitan 1 genggam
– Air 1 gelas

Cara membuat: Air direbus hingga mendidih lalu diseduhkan pada daun sengitan. Air seduhan itu diminum sekali habis sewaktu masih agak panas, sesudah itu si sakit harus segera berselimut rapat-rapat.

Atau ulaslah seluruh badannya dengan obat ini :

– Biji papaya (kering) 1 sendok makan
– Cuka 1 gelas

Cara membuat: Biji papaya ditumbuk lumat-lumat dan dicampur dengan cuka, kemudian oleskan ke badan. Sesudah obat dioleskan, seluruh badan si sakit harus dibalut rapat-rapat dengan selimut.

Untuk mengurangi rasa kaku dan sakit:

  • Gosoklah bagian-bagian yang sakit dengan botol berisi air yang panas (bubuhilah air itu dengan garam sebelum diisikan dalam botol). Atau:
  • Taruhlah dibagian yang sakit kompres air panas yang kemudian ditutup dengan kain tebal yang kering (celupkan kompres itu ¼ jam sekali dalam air panas, kemudian peraslah).
  1. Untuk punggung dan pinggang baik juga dibuatkan obat ini :

– Daun landep 25 lembar
– Kapur sirih sedikit

Cara membuat: Daun landep ditumbuk lumat-lumat dan dicampur dengan kapur. Obat ini digosokan pada bagian yang sakit sesudah itu urutlah pinggang itu perlahan-lahan dengan jari.

  1. Untuk leher dan tengkuk :

– Daun po’o 25 lembar
– Minyak kelapa secukupnya

Cara membuat: Daun po’o dicelupkan dalam minyak kelap, lalu dipanaskan di api hingga layu, kemudian digosokkan kuat-kuat pada leher dan tengkuk.

Ikhtiar lainnya: tengkuk yang kaku diurut-urut dengan jeruk nipis yang masih utuh, agar minyak dalam kulit jeruk itu meresap kedalam bagian yang sakit.

Semoga bermanfaat.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

Obat encok, encok, cara mengobati encok, sakit encok, cara mengobati encok di punggung, penyakit encok, obat encok tradisional, cara menyembuhkan encok di pundak, mengobati encok, encok pundak

One thought on “Pengobatan Penyakit Encok Dalam Daging / Otot

  1. Bagus

    Paha bgian belakang sakit rasany d dlm daging kadang pindah d betis kenapa y minta solusiny jg .

Comments are closed.