Pengobatan Radang Paru-Paru

Cara Pengobatan Radang Paru-Paru

Tanda-Tanda Radang Paru-Paru :

Mula-mula badan terasa dingin dan terasa sakit pada bagian kanan kiri dada. Secara mendadak penderita radang paru-paru lalu demam panas badannya terus mingkat hingga 40º C dan tidak hendak turun selama 8-10 hari. Sesudah itu barulah dengan cepat demamnya berkurang. Penderita selalu batuk dengan mengeluarkan lendir berwarna merah tua (karena bercampur darah).

Napas pendek-pendek dan cepat (30-40 kali dalam semenit), denyut jantung lemah, roman muka merah kebiru-biruan dan lidah tertutup selaput putih.

Cara Pengobatan Radang Paru-Paru:

Usahakanlah untuk mendapat pertolongan dokter segera mungkin. Apabila tidak memungkinkan, usahakan pengobatan tradisional sebagai berikut :

  1. Penderita harus berdiam diri dan berbaring di tempat tidur, bilik yang ditempatinya perlu mendapat udara yang bersih dan segar. Apabila kepala pening boleh dikompres dengan air dingin (air es).
  2. Dada penderita dikompres dengan kain yang dibasahi dengan air hangat dan kemudian ditutup rapat-rapat dengan kain yang tebal dan kering. Seluruh badan hendaklah diselubungi selimut tebal.
  3. Berikan kepada penderita, makanan lunak tetapi berkhasiat, misalnya : susu, kaldu, telur, bubur, air buah-buahan dan lain sebagainya. Guna mengurangi kelemahan jantung boleh ia diberi kopi, teh atau anggur.
  4. Tiap hari ia dibuatkan obat sebagai berikut:

Bahan:
– Umbi patikan kerbau ( masih segar) 50 gram
– Air ½ botol limun
Cara meramu: Patikan kerbau direbus dalam air selama ± ¼ ja)
Pemakaian: Air rebusan itu diminum 3 kali habis dalam sehari, ulangilah demikian tiap hari hingga demam si penderita turun.

  1. Baik juga dibuatkan obat sebagai berikut :

Bahan:
– Umbi bidara upas 100 gram
– Garam 10 gram
– Air 5 sendok makan
Cara meramu: Umbi bidara upas diparut, dibubuhi air dan garam setelah itu diremas-remas, diperas dan disaring dengan menggunakan sepotong kain bersih.
Pemakaian: Air perasan ini diminum sekali habis, ulangilah demikian 3 kali sehari.

  1. Apabila anak kecil yang terserang radang paru-paru denyutan jantungnya sangat lemah, berilah segera ia salah satu diantara obat-obat ini :

a. Ramuan 1

Bahan:

– Bubuk kopi murni 3 sendok makan
– Tepung kanji 1 sendok te h
– Air mendidih ½ cangkir
Cara Meramu: Air diseduhkan diatas bubuk kopi dan tepung kanji lalu diaduk).
Pemakaian: Air seduhan ini diminumkan tiap ¼ jam sekali sesendok te h untuk bayi yang masih menyusu dan sesendok makan untuk anak-anak yang agak besar (2-3 tahun).

b. Ramuan 2

Daun sembung 1 genggam + air mendidih 1 cangkir
Penyajian: Air diseduhkan pada daun sembung dan dibiarkan hingga dingin

Demikian pengobatan radang paru-paru, semoga bermanfaat.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

obat radang paru paru, obat tradisional radang paru paru, obat herbal radang paru paru, obat tradisional radang paru pada anak, cara mengobati radang paru paru, obat alami radang paru paru, ramuan tradisional paru paru, obat alami radang paru paru pada anak, obat radang paru paru tradisional, Obat radang paru

3 thoughts on “Pengobatan Radang Paru-Paru

  1. damarjati

    Ramuan kopi dan tepung kanji amankaj untuk bayi usia 2 bulan.
    Terimakasih

Comments are closed.