Penanganan Penyakit Cacing Tambang

Penanganan Penyakit Cacing Tambang

Cacing tambang (hookworm) merupakan cacing parasit usus yang disebabkan oleh salah satu dari dua spesies nematoda, Necator americanus atau Ancylostoma duodenale. N. americanus adalah cacing tambang spesifik manusia yang paling umum di seluruh dunia. Necator americanus banyak ditemukan di Amerika, Sub-Sahara Afrika, Asia Tenggara, Tiongkok, and Indonesia, sementara A. duodenale lebih banyak di Timur Tengah, Afrika Utara, India, dan Eropa bagian selatan

Infeksi paling sering ditemukan di daerah yang hangat dan lembab, dengan tingkat kebersihan yang buruk. bentuk infektif dari cacing tersebut adalah bentuk filariform. Setelah cacing tersebut menetas dari telurnya, muncullah larva rhabditiform yang kemudian akan berkembang menjadi larva filarifor.

Infeksi berat penyakit cacing tambang dapat membuat masalah kesehatan yang serius pada bayi yang baru lahir, anak-anak, dan orang-orang yang kekurangan gizi.

Tanda-tanda terinfeksi penyakit cacing tambang:
Si penderita menjadi pucat karena kekurangan darah, kadang-kadang merasa sakit dalam perut dan beraknya mengandung darah. Kekuatan badan dan pikiran si penderita makin lama makin berkurang. Keadaan sedemikian itu dapat berlangsung sampai berbulan-bulan.

Pencegahan  dan Penanganan Penyakit Cacing Tambang:

  1. Supaya terhindar dari penyakit ini janganlah berjalan di atas tanah dengan tidak memakai alas kaki (sepatu, sandal, dsb). Tempatnya cacing tambang itu dapat menembus kulit tapak kaki orang dan secara demikian masuk kedalam badan.
  2. Tiap-tiap rumah arus mempunyai kakus yang dibuat menurut peraturan-peraturan agar supaya kotoran manusia yang mungkin mengandung telur cacing tidak berserakan dimana-mana.
  3. Orang yang telah mendapat sakit cacing tambang harus dibawa kerumah sakit untuk diobati dibawah pengawasan dokter.



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

obat tradisional cacing kulit, obat tradisional penyakit cacing kulit, obat tradisional cacing pasir, cacing pasir, cacing tambang, cacing kulit, obat cacing tambang, obat cacing kulit, obat cacing pasir, hidung berdarah

One thought on “Penanganan Penyakit Cacing Tambang

Comments are closed.