Cara Mengatasi Sembelit (Susah Buang Air Besar)

Cara Mengatasi Sembelit

Sembelit atau sering disebut konstipasi aka susah buang air besar, adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya.

Cara Mengatasi Sembelit untuk Anak dan Dewasa secara Alami

a. Untuk orang dewasa:
– Daun jarak pagar (muda) 5 lembar, dikukus
Daun ini dapat dimakan dengan kecap atau garam sedikit, ulangilah ini beberapa hari berturut-turut. Orang yang berpenyakit batu empedu dilarang mempergunakan obat ini.

b. Untuk anak kecil:
Daun jarak pagar 5 lembar, diulas dengan minyak kelapa, lalu dipanaskan diatas api hingga layu.
Daun ini diletakkan pada perut anak bagian bawah, siang sekali dan malam sebelum tidur sekali.

c. Boleh juga dipakai:
Daun kecubung 2 lembar
(disapu dengan minyak dan dilayukan diatas api)
Pemakaiannya sama dengan jarak daun pagar (b)

d. Atau:
Kulit durian 3 bagian, diambil bagian yang lunak, dicampur sedikit air dan dilumatkan.
Obat ini baik dipakai sebagai tapal pada perut anak.

e. Obat ini baik juga:
– Daun papaya muda 4 lembar
– Air 2 gelas
Cara membuat: Air direbus hingga mendidih lalu disedukan papaya.
Air seduhan itu diminum, ulangilah ini tiap hari sekali.

f. Bagi wanita yang sedang hamil (lebih dari 4 bulan) boleh dipergunakan ramuan obat ini:
– Daun asam muda 1 genggam
– Rimpang kunyit 1 potong jari
– Air 2 gelas
Cara membuat: Kesemuanya direbus ± 5 menit)
Air rebusan itu diminum ulangilah ini tiah hari sekali. Sedapat mungkin jauhilah makanan dan minuman yang dapat menyebabkan sembelit, seperti the kerasm alcohol dan buah-buahan yang terasa sepat (salah, jambu monyet dsb.)



Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat sebenarnya banyak yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan atau bumbu masakan.

Kelebihan ramuan tradisional

Banyak keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan ramuan tradisional, antara lain:

  1. Pada umumnya, harga ramuan tradisional lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.

  2. Bahan ramuan tradisional sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.

  3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam prose pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan ramuan tradisional memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku ramuan tradisional sangat alami atau tidak bersifat sintetik. Meskipun demikian, obat herbal yang baru tetap harus melewati uji klinis yang sama dengan obat-obatan sintetik. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanan yang baik, maka efek samping negatif ramuan tradisional ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kata pencarian untuk tulisan ini:

obat tradisional susah buang air besar, obat susah buang air besar, obat susah bab, obat tradisional susah bab, obat tradisional susah buang air besar untuk balita, obat herbal susah bab, obat susah buang air besar pada orang dewasa, ramuan susah buang air besar, obat susah buang air besar untuk dewasa, cara mengatasi susah BAB

One thought on “Cara Mengatasi Sembelit (Susah Buang Air Besar)

Comments are closed.